Tulis Tulus

bagaimanapun juga mereka menuliskannya dengan tulus…

  • RSS Blog inspirasi

    • Pindah Blog!
      Assalamu’alaikum Untuk tulisan-tulisan selanjutnya, silahkan dibaca di blog baru : rangkaikataku.blogspot.co.id Diantara tulisan baru yang sudah diposting : Menggenggam Cahaya (bag. 2) Serpih Kata di Sela Masa 14 Garis Manusia Tidak Sama Menggenggam Cahaya (bag.1) Terima kasih Wassalamu’alaikumFiled under: Uncategorized
    • Serpih Kata di Sela Masa 13
      14 Agustus 2013 Wahai para tentara yang mengumbar kedurjanaan di bumi Musa menjadi utusan, apa yang akan kau katakan jika Dia menanyakan peluru-peluru yang kau tembakkan? Ribuan orang terluka, ratusan lebih meregang nyawa, ini bukan pembubaran demi ketertiban, ini pembantaian! Dan sungguh Dia tak akan pernah melupakan hamba-hamba-Nya yang teraniaya… hasbunal […]
    • Terima Kasih Bunda
      Bunda, Memang, sekedar ungkap kata lewat pena tak akan pernah bisa membalas segala jasa. Tak akan ada yang menyangkal, sejak dalam kandungan hingga usia nanda yang menjelang tiga puluhan, tak terhingga pengorbanan yang telah bunda berikan. Terima kasih bunda, Atas taruhan nyawa saat melahirkanku ke dunia. Atas timangan kasih sayang dan didikan hingga ku bisa […]
  • RSS Pesan Hikmah

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Kepemimpinan … (2)

Posted by tulistulus on August 12, 2008

Ketika kepemimpinan diamanahkan dan dibebankan padamu. Akankah hal itu menjadi titik tolak perubahanmu dalam meniti jalan kehidupan?

Layaknya Umar bin Abdul Aziz yang menjadikan beban amanah kepemimpinan sebagai awal revolusi kehidupan pribadinya. Umar yang pesolek, Umar yang berpenampilan glamour, Umar yang banyak tertawa, Umar yang gaya jalannya ditiru gadis-gadis Madinah, Umar…

Ia berubah menjadi Umar yang zuhud akan dunia, Umar yang senantiasa mengingat akhirat, Umar yang berhati-hati dalam menggunakan harta negara, Umar yang sungguh sangat sederhana, bahkan sejak diangkat sebagai khalifah hingga akhir hayatnya dia sama sekali tidak pernah tertawa.

Pengorbanannya tidak sia-sia, negeri yang ia pimpin menjadi makmur, hingga tak ada mustahiq zakat, tak ada yang pantas diberi zakat. Para muzakki kebingungan siapa lagi yang akan disantuni sedang semua rakyat telah makmur? Padahal Umar hanya memerintah selama +/- 2 tahun, ya hanya 2 tahun! Tapi rupanya masih ada satu orang yang miskin, dia Umar bin Abdul Aziz sendiri beserta keluarganya. Adakah Umar-Umar yang lain kini? Akankah kamu menjadi sepertinya?

Atau layaknya Umar bin khatthab, pemimpin tegas yang keras dalam memerangi penyelewengan anak buahnya. Al Faruq, demikian julukan yang diberikan Rasulullah baginya, pembeda antara yang salah dan benar. Umar yang begitu total dalam mengabdi pada Allah, yang tanpa canggung memikul karung gandum demi rakyatnya, yang rela menggiring dan mengobati unta hasil zakat yang sakit di teriknya matahari, yang begitu biasa tidur di emperan masjid berbantalkan surban tanpa gengsi meski tanpa dikawal, yang lekat dengan kesederhanaan dan begitu biasa dengan baju penuh tambalan. Akankah kamu mengikuti jejak ahli surga ini?

Atau layaknya Muhammad, sang Nabi terakhir, yang tingkah lakunya sempurna tanpa cela. Dua Umar mencontoh padanya, meneladaninya dan mengambil hukum dari risalah yang ia bawa. Ia dipilih Allah untuk memikul amanah kenabian, kerasulan dan risalah terakhir bagi manusia. Pribadi sempurna inilah yang selayaknya dijadikan teladan sepanjang masa. Dia tidak hanya Nabi atau Rasul dia juga pemimpin sebuah negara, juga panglima perang, ia juga suami dan ayah, ia juga guru, ia juga pedagang, konsultan dan ia seorang manusia seperti kita.

“Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al Ahzab:21)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: